Minggu, 16 November 2008

Puan Maharani Tolak Disebut Produk Nepotisme

Puan Maharani Tolak Disebut Produk Nepotisme

Ketua DPP PDI-P Bidang Pemberdayaan Perempuan Puan Maharani bersama ibunya Megawati Soekarnoputri yang merupakan Ketua Umum DPP PDI-P di sela-sela acara Deklarasi PDI-P sebagai Rumah Perempuan di Kantor DPP di Lenteng Agung Jakarta Selatan, Senin (25/8).

Jumat, 3 Oktober 2008 | 16:20 WIB

JAKARTA, JUMAT-TAK hanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyangkal keinginan putranya, Edi Bhaskoro maju sebagai calon anggota legislatif bagian dari bentuk nepotisme. Putri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, juga menolak anggapan itu. Puan tegas menyatakan, tidak semua cucu-cucu Bung Karno dijadikan sebagai calon anggota legislatif.

"Itu bukanlah sesuatu yang dianggap sebagai bagian dari nepotisme. Siapa saja yang diajukan sebagai caleg yang kebetulan orang tuanya memang sudah ada di dalam partai, tak lain sebagai bagian dari kaderisasi. Kita juga tidak asal-asalan mencalonkan anak-anaknya begitu saja," kata Puan Maharani saat ditemui usai melakukan shalat Ied di Kantor DPP PDI Perjuangan, Rabu (1/10) lalu.

Pengajuan caleg, di PDI Perjuangan adalah mencari mereka yang memiliki potensi dan bukan karena didasari atas ewuh pakerwuh, menghormati orang tuanya. Yang kita cari adalah mereka yang berpotensi dan tidak semua cucu-cucu Bung Karno dijadikan sebagai caleg. Adik Megawati, Guruh Soekarnoputra juga dipastikan akan maju kembali sebagai calon wakil rakyat.

Dari informasi yang dihimpun, selain nama Puan Maharani yang dipastikan menjadi caleg untuk dapil Jawa Tengah V, nama putri Guntur Soekarnoputra, Puti Guntur Soekarnoputri juga dipastikan maju sebagai calon wakil rakyat.

Di partai lain, kesan nepotisme juga ada. Di tubuh Partai Demokrat kesan nepotisme juga dirasakan. Selain Edi Bhaskoro yang akan maju sebagai calon wakil rakyat, ketua Umum DPP Partai Demokrat, Hadi Utomo, tak lain adalah ipar Presiden SBY. Partai yang lain, juga begitu.

Di Partai Golkar, bapak dan anak juga dicalonkan menjadi wakil rakyat. Ketua DPR yang tak lain Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono kembali dipastikan maju sebagai calon wakil rakyat untuk daerah pemilihan DKI Jakarta. Sementara anaknya, Dave Laksono juga akan maju untuk daerah pemilihan Jawa Barat II.
Dari informasi yang dihimpun, beberapa caleg yang memenuhi unsur nepotisme di Golkar antara lain, Fazwan Hairul azwar yang tak lain putra dari salah seorang Wakil Sekjen DPP Partai Golkar, Rully Chairul Azwar.

Kemudian, Jerry AK Sambuaga, putra Theo L Sambuaga, ketua Komisi 1 DPR yang juga salah satu ketua DPP Partai Golkar. Fachri Prawirasudjana, putra tokoh Golkar asal Jawa Barat, Asep Sudjana. Lalu, Syafran Sofyan, mertua Muladi, Gubernur Lemhanas yang juga salah satu Ketua DPP Partai golkar dan beberapa lainnya. (Persda Network/Rachmat Hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar