Rabu, 14 Januari 2009

Megawati Janji Bangun Kembali Karakter Bangsa

Megawati Janji Bangun Kembali Karakter Bangsa


DOK. KOMPAS

KUPANG, JUMAT- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnopoetri yang sudah memastikan diri bakal maju sebagai calon presiden berjanji, jika terpilih sebagai Presiden pada Pemilu Presiden 2009, dia akan memberi perhatian pada pembangunan kembali karakter bangsa.

"Kalau saya ditanya apa yang akan anda lakukan jika terpilih sebagai Presiden, maka jawaban saya adalah membangun kembali jati diri dan mental anak bangsa saya," kata Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu, di Kupang, Jumat (9/1).

Menurut dia, negara-negara yang mengalami kemajuan yang sangat besar di berbagai bidang dewasa ini karena jati diri dan mental anak bangsanya sangat kuat. "Jati diri, mental anak bangsa harus dibangun kembali, karena jika tidak maka bangsa ini akan tetap dijajah," katanya.

"Saya sudah mengelilingi tiga perempat bangsa di dunia. Saya menyaksikan sendiri banyak sekali negara-negara yang sukses membangun ekonominya karena jati diri dan mental anak-anak bangsanya sangat kuat. Kalau kita tetap tidur, maka kita akan dijajah lagi," kata Megawati.

Ia menambahkan, ketika dirinya menjabat Presiden selama tiga tahun selalu keberatan dengan bantuan-bantuan yang ditawarkan luar negeri. Alasannya karena tidak ingin meninabobokkan rakyat Indonesia.

"Saya katakan, itu bukan namanya bantuan, tetapi hutang. Kalau namanya hutang harus dibayar. Stop, jangan ninabobokkan rakyat saya," katanya di hadapan sekitar 5.000 umat yang menghadiri perayaan Natal bersama masyarakat Kupang.

Megawati juga menyinggung tentang tambang emas di Papua yang dikunjunginya beberapa hari lalu untuk menghadiri perayaan Natal bersama masyarakat di Papua. "Saya tersentak melihat kekayaan alam yang ada di Papua, tetapi pertanyaannya, kapan rakyat Indonesia bisa kelola sendiri," katanya.

Karena itu, pembangunan kembali jati diri dan mental bangsa ini menjadi hal yang sangat penting dan strategis untuk membangun Indonesia menjadi suatu negara yang maju dan sejajar dengan negara lain.

Kunjungan Megawati ke Kupang itu merupakan bagian dalam lawatannya ke Indonesia bagian timur sejak 6 Januari lalu, dengan menyinggahi Papua, Maluku, Manado dan Ujungpandang.

Setelah menghadiri perayaan Natal bersama di Kupang, Megawati yang didampingi Sekjen DPP PDI Perjuangan Pramono Anung dan puluhan pengurus PDIP lainnya akan terbang kembali ke Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar