Kamis, 26 Mei 2011

Warga Kepuharjo Siap Direlokasi!

Ilustrasi. Foto: Dok
Kamis, 26 Mei 2011 09:09:00
SLEMAN (KRjogja.com) - Warga desa Kepuharjo, Cangkringan mengaku sudah siap untuk di relokasi. Warga menilai, semakin cepat relokasi, maka masa depan warga akan semakin mudah dipersiapkan.
Kades Kepuharjo, Heri Suprapto mengungkapkan, hampir 80 persen pedukuhan di Kepuharjo kondisinya sudah tidak layak huni. "Kan kena lahar langsung dan material padat. Makanya, warga kami ini sudah siap untuk di relokasi di tempat lain," ungkapnya saat dikonfirmasi KRjogja.com, Kamis (26/5).
Sebagian besar warga, lanjut Heri, kini tinggal di shelter yang dibangun pemerintah maupun shelter mandiri. Selama masih di shelter, warga belum bisa menata kehidupan yang lebih baik. "Relokasi itu kan erat dengan perumahan permanen. Nah, jika sudah tinggal di rumah itu akan lebih tertata lagi," imbuhnya.
Terkait tempat relokasi warganya, Heri menyerahkan kepada pemerintah. Namun, pemerintah tetap harus dialog atau rembugan dengan warga terlebih dahulu. "Konsep pemerintah harus disesuaikan dengan keinginan warga. Jadi, nanti semuanya tetap mempertahankan nilai sosial dan budaya," pinta Heri.
Beberapa warga Kepuharjo yang memiliki lahan lain di tempat aman, kini juga sudah mulai membangun perumahan. Sehingga, tidak semua penduduk bisa disatukan dalam satu pedukuhan seperti semula. "Tetapi, yang terpenting ialah administratif warga tetap berjalan normal. Makanya, kalau ada rembugan, pasti ada solusi terbaik," jelas Heri.
Selain itu, tanah warga yang sudah tak layak huni juga siap untuk dijadikan hutan lindung. Hanya saja, warga tetap diperbolehkan menggarap lahan tersebut. "Tanah tetap hak milik warga, namun tidak untuk hunian. Melainkan untuk pemanfaatan guna menyambung kehidupan," tutur Heri. (Dhi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar